Thursday, December 6, 2012

Free akses internet di seluruh Indonesia dengan @wifi.id

Sumber gambar : http://www.indonesiawifi.com/

Haloo teman-teman sekalian, gimana kabarnya nih ? Semoga senantiasa diberi kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT Aminn... Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman seputar akses internet secara gratis dengan @wifi.id.

Jadi ketika itu saya sedang menunggu keberangkatan kereta api di Gambir (mau mudik ceritanya..hehe), karena saya datang ke stasiun terlalu cepat beberapa jam sebelum keberangkatan, bosan ? Iya jelas bosan, kan ada istilahnya "pekerjaan yang paling membosankan adalah menunggu". Sambil menunggu, saya coba dengar musik sambil iseng-iseng aktifin WiFi, barangkali saja kan ada hotspot gratisan tanpa password :D.

Ternyata memang ada, dan saya coba waktu itu free@wifi.id, langsung tersambung dan ketika saya coba browsing, halaman yang pertama kali saya buka langsung redirect ke halaman login @wifi.id, jadi intinya kita diharuskan registrasi terlebih dahulu jika ingin memakai layanan WiFi gratis ini. Karena disitu ada password yang harus kita isi. Setelah berhasil registrasi, nanti dapat sms yang berisi password untuk akses internet tersebut. Login dengan menggunakan nomor handphone dan password yang diregistrasi tadi, setelah itu langsung deh tersambung dan bebas akses internet sepuasnya, tapi layanan gratis ini setiap 20 menit ada pemutusan akses, jadi kalau masih pengen internet-an ya browsing lagi kaya pertama kali terus login dengan password yang sama.

Pertanyaanya, apa itu @wifi.id ? Nah waktu itu saya coba cari tahu lewat internet dan berikut penjelasannya dibawah ini berdasarkan situs resmi nya,

@wifi.id atau Indonesia WiFi merupakan jaringan akses wireless broadband yang menjadi media untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi serta berbagai layanan multimedia lainnya.

Menggunakan teknologi Wireless Fidelity (WiFi) terbaru berdasarkan pada
spesifikasi IEEE 802.11 yang populer digunakan untuk menghubungkan antar komputer, smartphone, laptop dan perangkat lainnya, serta menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN. Teknologi ini sudah dilengkapi dengan sistem kontrol dan monitoring terpadu menjadikan Indonesia WiFi dapat menyalurkan lebih dari satu layanan broadband dengan tingkat kualitas masing-masing yang dapat dijaminkan.

Indonesia WiFi (@wifi.id) menyediakan layanan public internet berbasis teknologi WiFi/ Hotspot dalam rangka mendukung program percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam memenuhi hal tersebut, saat ini Indonesia WiFi (@wifi.id) telah dan akan menyiapkan jutaan titik jaringan internet nirkabel (WiFi/ Hotspot) secara nasional di berbagai lokasi untuk mendukung kebutuhan informasi digital bagi masyarakat. Jaringan @wifi.id yang handal dan tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia akan memberikan kenyamanan dan jaminan koneksi berkualitas tinggi kepada seluruh penggunanya.

Ternyata layanan ini salah satu programnya pemerintah, waah bagus deh kalau begitu menurutku apalagi penempatannya di area publik seperti stasiun, bandara, kampus/sekolah, cafe/restoran, hotel dan sebagainya. Kan lumayan daripada bosan menunggu pesawat/kereta, dan kita juga nggak mengeluarkan pulsa untuk bayar GPRS/3G hahaha... Tapi, ? Iya ada tapi-nya, yah namanya juga layanan publik ya, yang pakai juga bukan kita sendiri, jadi ya lambat kalau lagi banyak yang pakai, apalagi buat download, sabaar deh yang penting kan FREE haha...

Oke barangkali teman-teman masih ada yang belum jelas mengenai Indonesia Wifi ini, bisa langsung mampir ke situs resminya di http://www.indonesiawifi.com.

Rgds.
Bahrudin Febriawan

2 comments: