Wednesday, February 13, 2013

Apa itu penyakit ganglion

Sudah hampir setahun ini di punggung dekat pergelangan tangan kanan saya terdapat benjolan yang lumayan besar. Waktu itu saya tidak menyadarinya, entah kenapa ketika menggerakan pergelangan tangan, saya merasa sedikit nyeri padahal sebelumnya saya merasa nggak mengangkat beban-beban yang berat atau sebagainya. Saya pikir tadinya tangan saya terkilir, ketika itu langsung saya tanyakan teman kantor yang biasa/pintar pijat, tapi rekomendasi dari temanku suruh langsung tanyakan saja ke dokter. Dari penjelasan dokter, barulah saya dapat informasi yang jelas bahwa yang saya alami ini adalah penyakit ganglion.

Pertama kali saya mendengar penyakit ganglion saya pun kaget penyakit apa lagi ini, mungkin ada hubungannya dengan singa kali yah pikirku karena ada istilah lion didalamnya hahaha :D. Kemudian saya tanya penyakit macam apa ini Dok? Penyakit ganglion adalah kista, katanya ada pembungkus cairan sendi yang bocor atau lebih gampang diartikan sebagai cairan yang berfungsi untuk melumasi sendi seingatku dulu. Lalu bagaimana menyembuhkannya ? Kata dokter harus disuntik atau operasi, dalam hati ku bilang separah itu kah penyakit ini sampai harus dioperasi. Tapi waktu itu dokter bilang jangan khawatir penyakit ini tidak akan menyebabkan hal-hal yang negatif, penyakit ini bukanlah penyakit yang menakutkan atau mematikan, walaupun dibiarkan sampai bertahun-tahun tanpa pengobatan.

Kata dokter seiring berjalannya waktu penyakit ini bisa membesar atau mengecil bahkan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi kalau sudah merasakan nyeri yang luar biasa dan sangat mengganggu ketika melakukan suatu pekerjaan, lebih baik mengambil tindakan seperti yang disarankan dokter tadi yaitu disuntik atau dioperasi. Setelah mendengar penjelasan dokter saya pun pamit tanpa membawa resep dari dokter, biasanya kan kita kalau berobat ke dokter pasti pulangnya bawa resep kan yaa...hehe. Sepulang dari tempat dokter saya langsung mencari sumber-sumber informasi terkait penyakit ganglion ini di internet.

Ternyata memang banyak juga ya yang mengalami hal yang sama seperti saya. Jadi ada beberapa pengalaman yang mereka ceritakan mengenai operasi ganglion, ternyata setelah dilakukan operasi sekalipun ganglion tersebut bisa muncul lagi kalau operasi yang dilakukan masih belum benar-benar mengangkat sampai ke akar-akarnya si ganglion tersebut. Ya bagi orang-orang yang berkantong tebal sih rasa-rasanya tidak menjadi masalah, tapi bagi saya yang kantongnya pas-pasan lebih baik dimaksimalkan ke hal-hal yang lebih urgent/primer saja. Soalnya ganglion di tangan saya ini pernah mengecil dan hilang, tapi sekarang ada lagi. Nah berikut foto tangan kanan saya yang terdapat ganglion di dekat pergelangan tangan, dalam fotonya nggak terlalu kelihatan ya? Tapi aslinya benjolnya ini gede loh lumayan bikin nyeri.


Itulah pengalaman saya dengan penyakit ganglion yang sampai saat ini si ganglion ini masih bersarang di dekat pergelangan tangan kanan saya :D. Oke barangkali teman-teman ingin tahu lebih mengenai penyakit ini, saya kutip penjelasan dari beberapa website seperti berikut ini.


Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein.

Ganglion bisa disebut sebagai sebuah kista yang tumbuh terutama di daerah sendi atau tendon. Pada daerah sendi, terdapat jaringan sinovium yang berfungsi menghasilkan cairan pelumas untuk melumasi daerah sendi. Ganglion muncul apabila sinovium ini dipenuhi oleh cairan sejenis jell bening lalu membesar dan menimbulkan benjolan. Selain karena trauma khronis pada daerah sendi, penyebab yang pasti dari ganglion masih menjadi tanda tanya besar.

Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi.

Sumber : Informasi Sehat

Dan berikut ini foto bentuk dari cairan kental ganglion, sebetulnya foto berikut aslinya full pengangkatan alias operasi ganglion dari dalam tangan, tapi saya crop, maaf sebelumnya agak vulgar :Peace:


Nah yang berikut adalah foto menyedot cairan ganglion (aspirasi). Lumayan serem dan agak vulgar juga yah klo sudah berhubungan dengan jarum suntik, bikin ngeri kalau yang takut sama jarum suntik :D.


Bagi para pembaca sekalian jika punya pengalaman mengenai ganglion ini bisa share dimari juga ya. Terima kasih.

Sumber-Sumber :
- Layanan Kesehatan Cuma-Cuma
- Malaya01
- Informasi Sehat
- Avicenna91
- Referensi Artikel Kedokteran

Rgds.
Bahrudin Febriawan

41 comments:

  1. Replies
    1. wah maaf gan ane kurang tau klo masalah biaya. soalnya belom sampe disuntik/operasi. Alhamdulillah udah ilang sendiri ganglion dipergelangan tangan.

      Delete
  2. Sekedar sharing informasi ya gan, ane juga mengalami penyakit ini dan posisinya sama seperti di gambar yang pertama. Lalu ane putuskan untuk operasi (31 Sept 2013) di dr.Amir Lubis (tempat praktek daerah utan panjang kemayoran) biaya operasinya cuma 300 ribu rupiah dan ples obat 25 ribu rupiah. Lumayan hemat-lah gan gk mahal. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan info nya, sangat membantu nih buat saudara-saudara kita yang pengen dioperasi. Semoga operasinya berjalan dengan lancar dan sukses. Amin

      Delete
    2. gan operasi 300rbu ? kok murah banget ? mauu ... lagi ngalamin juga :(

      Delete
    3. boleh tau no kontak nya atau patokan alamat dokter amir lubis. anak sy kena gonglion juga, usia masih 7 bulan

      Delete
  3. Sharing pengalaman Saya pernah mengalaminya persis di pergelangan tangan kanan saya, pertama tahun 1993, ketika itu saya operasi dan dibius total, hilang

    Kemudian tahun 2012 muncul lagi di tangan kanan juga tp agak bergeser ke kiri sedikit. Yang kedua tidak saya operasi, tapi saya pijat persis di ganglionnya (karena mengikuti saran berdasarkan pengalaman teman), sakitnya luar biasa, dan alhamdulillah ganglion yang kedua sekarang sudah hilang. - eddy-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya om sudah share dimari pengalamannya, berdasarkan referensi-referensi diatas juga memang begitu, ada yang sudah pernah dioperasi tapi muncul lagi.

      Saya juga beberapa kali muncul, tapi ya dipijet-pijet, dibiarin gitu aja trus ilang sendiri.

      Delete
    2. Kata nya operasi nya 5-10 juta. Dan kalau di urut bisa pecah dan bahaya

      Delete
  4. saya juga baru dari puskesmas kata dokter disuruh ke rumahsakit untuk operasi bawa rujukan tapi klo bawa rujukan dan kartu keluarga katanya gratis sesuai rumah sakit rujukan puskesmas..tapi klo mw operasi rumah sakit pilihan tergantung rumah sakitnya berkisar 1jt sampai 2jta klo di daerah saya di toraja sul-sel.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya itu program pemerintah jaminan kesehatan masyarakat, jika sudah mendapat rujukan dari puskesmas biayanya ditanggung pemerintah. Berdasarkan cerita teman saya di Bontang, program tersebut memang gratis jika sudah pernah mendaftar jamkesmas dan mendapat rujukan dari puskesmas. Tapi saya kurang tau untuk di daerah lain apakah ada juga program tersebut.

      Lumayan juga ya biayanya,, Semoga cepat sembuh..
      Thanks sudah share disini :)

      Delete
  5. bisa hilang sendiri? anak saya ada gonggalion. caranya gimana? msh kecil kasian kl dioperasi.hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bs hilang sendiri Mbak.. Coba deh baca komentar2 temen2 diatas, klo saya sendiri nggak pake obat apa2 dan belom pernah operasi juga, saya biarkan saja dan sekarang Alhamdulillah hilang dengan sendirinya.

      Klo memang anaknya nggak merasa kesakitan saya rasa nggak perlu dioperasi, tapi alangkah baiknya konsultasi langsung dengan dokter ahlinya.

      Semoga masalahnya cepat selesai ya Mbak.. Aamin

      Delete
    2. Maaf nimbrung. Kebetulan sy jg mengalami sakit ini dan disarankan utk operasi. Pertama kali saya mewek nangis di rs, mana wktu periksa berangkat sendiri. Tapi setelah baca apa itu ganglion sy agak bernafas lah. (Tapi tetep takut)
      Setelah sy baca rata" penderita ganglion pada usia 20-40 thn mbk. Sangat jarang bhkan tidak mungkin anak usia dibawah 10thn mengalaminya.
      Tapi jika anda benar" khawatir, mbk bisa konsultasikan ke dokter.
      Kebetulan alhamdulillah di kota sy pake jamkesmas jd operasi dan tetel bengeknya gratis 😊

      Delete
    3. Maaf nimbrung. Kebetulan sy jg mengalami sakit ini dan disarankan utk operasi. Pertama kali saya mewek nangis di rs, mana wktu periksa berangkat sendiri. Tapi setelah baca apa itu ganglion sy agak bernafas lah. (Tapi tetep takut)
      Setelah sy baca rata" penderita ganglion pada usia 20-40 thn mbk. Sangat jarang bhkan tidak mungkin anak usia dibawah 10thn mengalaminya.
      Tapi jika anda benar" khawatir, mbk bisa konsultasikan ke dokter.
      Kebetulan alhamdulillah di kota sy pake jamkesmas jd operasi dan tetel bengeknya gratis 😊

      Delete
  6. Sy baru aj 4 jam yg lalu bawa mama sy ke RS Johor Malaysia (telat tahu info ini) tp apa yg dikatakan dokter persis komen2 di atas,intinya tdk berbahaya,bs dipencet utk ngilangin tp klo ga bs ,maka bs disuntik sedot jelly nya,tp ntar bakal muncul lg. Bs operasi bius total krn hrs diangkat mpe akar2 nya (dokter nyaranin jagan), so singkat cerita td punya mama ku yg tumbuh di pergelangan tangan disedot aj skitar (ama biaya konsultasi RM 300),tp dktrnya blng sbulan lg bakal tumbuh. So biarin aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau saya sendiri jika memang tidak mengganggu atau kesakitan sih nggak perlu dioperasi, dibiarkan saja. Tp harus konsultasi dgn dokter juga.

      Delete
  7. bismillah,,,,,,gan !!!!
    saya baca - baca komen diatas,,,,,sungguh sangat memberikan inspirasi gan,,
    saya rencana di awal tahun 2014 ini ingin menyembuhkan ganglion di pergelangan tangan kiri saya ( benjolan sudah agak besar -+ 6 bulanan nie umur ganglion di tangan saya ),,,, namun masih bingung apakah lebih baik di operasi / di suntik,,,nie penyakit bikin sakit sih kaga gan,,,cuman ga nyaman aja gan....
    thnks atas infonya gan,,,,,,,wasss !!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan, Iya ternyata banyak jg yg mengalami penyakit ganglion ini..

      Bisa Anda baca beberapa pengalaman sodara2 kita diatas, semuanya kembali kepada Anda pribadi, tp lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yg ahlinya ya..

      Semoga lekas sembuh ya gan...

      Delete
  8. saya juga punya ganglion yang ada di atas telapak tangan sebelah kiri, awalnya merasa ini seperti tulang jari yang bergeser, karena memang kebetulan pernah jatuh. tetapi jika dipegang tidak terlalu sakit. Saya diamkan selama sekitar 6 bulan sampai akhirnya ayah saya melihat kelainan pada bagian atas telapak tangan saya, terlihat benjolan yang agak keras seperti tulang, lalu saya diminta untuk rontgen ke RS yang ada dokter tulang/ortopedi. Setelah rontgen tulang, hasilnya tidak ada kelainan pada tulang saya. lalu perawat pribadi saya merekomendasikan bertemu dengan dokter bedah umum saja, barulah diinformasikan bahwa ini adalah ganglion sejenir tumor jinak, dan memang tidak membahayakan hanya saja akan mengganggu aktivitas pekerjaan kita. Dokter tersebut bilang memang bisa di suntik, jika memang ganglion ini tidak terlalu keras, dengan resiko ini akan muncul kembali. akhirnya saya memutuskan untuk operasi saja karena memang ganglion saya sudah mengeras dan saya ingin akar ganglion ini juga dicabut (walaupun hasilnya ada bekas operasi di tangan saya -_- ). Bius yang dipakai adalah bius Total/anestesi umum, operasi ini agak sulit karena urat ganglion tersebut berdekatan dengan syaraf gerak jari saya, oleh karena itu operasi ini agak sedikit memakan waktu yang lama dan biaya yang mahal, tahun lalu saya operasi sekitar 8jt rupiah di luar harga kamar inap selama 2 hari dan rontgen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak karena sudah share pengalaman di blog saya. Insya Allah bermanfaat bagi saudara-i kita yang membutuhkan info tentang ganglion.

      Berdasarkan cerita Mba, sepertinya memang sudah sangat mengganggu dan sudah tepat dgn konsultasi langsung dgn dokter ahlinya. Ya semoga dgn operasi tersebut, ganglion nggak akan muncul lagi. Aaamiin...

      Btw, lumayan jg ya biayanya.. :o

      Delete
  9. assalamualaikum,sya juga pnya ganglion dikaki kiri sekitar 5 bulan yang lalu,jujur sya bru tau tntang penyakit ini,karena awalnya kaki ini kesleo kmdian dsarankan jangan memakai sepatu hak tinggi,tapi sya bandel tetap pkai sepatu berhak tinggi,akhire muncul benjolan itu dan kalo capek rasanya ngilu sampek ke lutut rasanya,barusan sya bawa kedokter teryata sya divonis ganglion dan disrankan untuk operasi,tapi saya masih pikir pikir resiko setelah operasi.klo dibuat beraktifitas memang tidak mengganggu tapi klo sudah dibuat diam rasanya crekut crekut,dan benjolanya gak enak dipandang kadang saya malu klo ada teman yang tanya kakinya kenapa.mohon motivasi dan sarannya sebaiknya langkah apa yang dapat saya ambil?Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumusalam Wr. Wb.

      Sebelumnya terima kasih sudah share di sini, saya juga sama seperti Mba Lusi yang punya pengalaman mengenai penyakit ini yang kebetulan share pengalaman di blog.

      Kalau menurut saya pribadi jika memang benjolan ganglion tersebut cukup besar dan sangat mengganggu atau bikin rasa nyeri, lebih baik ambil tindakan menurut dokter yang sudah ahlinya Mba, karena kaki adalah salah satu bagian tubuh kita yang paling vital, dikhawatirkan terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Nah mengenai resiko perihal setelah operasi Mba konsultasikan langsung dengan dokternya secara detail untuk meyakinkan diri dan tentunya agar lebih jelas.

      Kenapa harus malu? Tekankan untuk terus berpikir secara sehat dan positif. Ingat masih banyak diluar sana banyak saudara-i kita yang lebih kondisinya tidak lebih baik dari Anda. Apalagi hanya benjolan di kaki yang jarang terlihat, coba Anda lihat orang lain yang kondisi wajahnya cacat??

      Terus berdoa kepada Allah SWT dan perbanyak dzikir serta sholawat Mba..

      Semoga lekas sembuh ya Mba atas segala penyakitnya dan segala masalahnya cepat selesai.. Aaamin

      Delete
  10. Ganglion itu berbentuk jelly tapi ketika saya tekan dan pijat2 seperti tulang ya agak keras.... Atau ini semacam tulang lunak? Saya pribadi tidak terlalu khawatir dengan penyakit ini, berhubung profesi saya sebagai mekanik maka sedikit terganggu ketika beraktivitas kerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas sembuh penyakitnya ya mas :)

      thanks sudah share dimari pengalamannya.

      Delete
  11. Oh nama penyakitnya ganglion yaa.. ahahah keren namanya.. ane juga ada nih di pergelangan tangan kanan ane.. kenyal2 gitu yaaa.. lucu bisa di pindah2 ahahahah..
    gak cuma di pergelangan tangan aja.. ada di paha sebelah kiri juga,, ada dua ganglion masa.. betah amat mampir di tubuh ane nih ganglion ahahaaha... rencananya pengen di operasi sih.. lagi ngumpulin duit dulu.. ahayy
    makasih nih yg sharing yaaa... jadi tauu nih penyakit.. kaga sakit sih lucu tapi ahahahahhahah..

    THX GAN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaah lucu ya gan haha :D

      Wah ada 2 lokasi ganglion ya rupanya, iya sebenernya sih emang nggak sakit, tapi kalau sudah mengganggu sebaiknya ambil tindakan setelah konsultasi ke dokter.

      Ok sama-sama ya gan sudah share dimari...
      Semoga lekas sembuh dengan penyakit ganglion ini :)

      Delete
    2. assalamu'alikum.wr.wb.
      setelah saya baca,penyakit ini sama persisi yang di alami dengan Adik saya,penyakit nya ada nya di tangan berupa benjolan seperti itu sehingga harus di operasi.

      Delete
    3. Wa'alaykumusalam Wr. Wb.
      Semoga lekas sembuh ya penyakitnya,, sepertinya memang musti dioperasi jika pengen segera tuntas penyakitnya..

      Delete
  12. Sekedar sharing, semoga bermanfaat. Saya juga punya ganglion di kedua pergelangan tangan. Kadang2 terasa nyeri dan pergelangan tangan sampai tidak bisa ditekuk. Saran dokter memang harus operasi. Tetapi saya lebih memilih pengobatan alternatif, yaitu dikompres dengan jahe yang sudah diparut atau kalau mau lebih praktis bisa diolesi c***pain atau sejenisnya. Alhamdulillah ganglion nya lama2 mengecil & tidak menggangu lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Sarannya boleh dicoba nih,, kebetulan ganglion saya kambuh lagi hehehe :)

      Terimakasih sudah share pengalamannya, semoga bermanfaat bagi kita semua... Aamin...

      Delete
    2. saya juga lagi kena nih.. udah 1 bln lebih. pgn nya di sedot .diameter nya 1-2 cm lah.. klo operasi bekas nya kliatan bgt.. ky nya saya ambil jalur sedot wc hahahhah

      Delete
  13. Saya juga mengalami ganglion , baru tau namanya setelah14tahun . Awalnya biasa aja sih tapi lama** itu hilang , kemudian muncul lagi dan hilang lagi hingga sekarang baru 1 bln ini membesar .. sehingga membuat sakit pada pergelangan tangan . Saat ini sedag menjalankan operasi .d lakukan keputusan ini karena mulai mengganggu aktifitas ajh nih :'( hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 14 thn bkn waktu yg sebentar berteman dg ganglion ini ya..
      sepertinya jika sudah sangat mengganggu baiknya dioperasi..

      saya juga muncul lagi nih ganglionnya..

      semoga kita lekas diberi kesembuhan atas cobaan ganglion ini...amin

      Delete
  14. Wahh banyak juga ya yg punya ganglion.
    Gw juga punya nih di punggung tlapak tangan sblh kiri.
    Mengganggu sih engga, cuma klo udah manteng. Sendi sendi pada pegel.
    Pengen oprasi tapi takut. Ada recomended Rs sekitar jadetabek? Untuk dr. Bedahnya yg bagus siapa ya? Info donk..

    ReplyDelete
  15. Salam.. Sy juga ada benjolan yg sama persis dgn diatas, tp blm di cek ke dokter, cuma yg sy rasakan nyeri + mulai keram tangan dr jari ampe pangkal ketiak.. Klo pergelangan digerakin naik turun rasanya sakit sekali.. Apa perlu di operasi ya? Tp kadang benjolannya mengecil sendiri dan gak sakit..

    ReplyDelete
  16. Saya ada seperti tulang nonjol di pergelangan tangan (samping), apakah itu ganglion? tp saya pegang keras.di rontgen hasilnya struktur tulang normal. Kalau mengangkat berat atau menulis, tangan kanan sakit/nyeri. Harus ke dokter apa? dan diperiksa bagaimana agar kelainannya ketauan.

    ReplyDelete
  17. boleh tau kah..praktek dokter amir lubis yang di utan panjang..patokannya apa ya..atau punya no kontak nya??
    Kebetulan anak sy juga mengalaminya, usianya 7 bulan.

    ReplyDelete
  18. ikutan share pengalaman..
    pd tahun 2010 ditangan saya sbelah kiri ada tonjolan ganglion sbesar kelereng sering ngilu2 ,dan dsarankan dokter untuk lanjut operasi, kebetulan saya dlu ada ASTEk..alhamdulilah gratis..
    dan sekarang setelah 7thn timbul lagi dan ditempat yg sama, besarnya jg sama,saya operasi lg untuk yg ke 2x..
    soalnya tangan terasa gampang caprk dan kadang ngilu2,alhmdulilah msh gratis pake ASTEK skrg saya lbh pede..maklum sebelumnya ada tonjolan ganglion saya agak malu..

    ReplyDelete