Monday, March 18, 2013

Mengatasi Harddisk eksternal yang minta format

Akhirnya setelah sekian lama bisa posting juga, sampe lupa apa aja yang pengen saya post di blog tercinta ini, padahal sudah saya ingat-ingat sebelumnya. Hmm.. yoo wis lah balik maning meng topik, jadi kali ini saya mencoba berbagi mengenai pengalaman yang baru-baru ini saya alami. Waktu itu saya bongkar harddisk dari netbook milik Ibu saya yang mainboardnya rusak, karena netbooknya musti ganti mainboard dan kita juga masih pikir-pikir buat beli mainboard baru, lebih baik saya manfaatkan harddisknya daripada nganggur kan bisa dijadiin harddisk eksternal :D. Soalnya harddisk eksternal punya saya yang 1TB sudah hampir penuh hmm...

Waktu itu langsung saya belikan HDD Enclosurenya, biar bisa portable ceritanya. Dan yaap harddisknya normal-normal saja pas digunakan. Beberapa hari kemudian timbul masalah, sebenarnya sih ini salah saya juga yang maen cabut aja kabelnya :D, masalahnya waktu itu harddisknya nggak mau di safely remove, dan saya pikir karena nggak ada data/program yang sedang berjalan dikira aman aja. Dan sungguh saya memang bodoh waktu itu, dengan polosnya tangan saya mencabut kabel usb harddisk eksternal tersebut pada saat notebook masih running, seharusnya agar lebih aman saya shutdown terlebih dahulu laptopnya. Dan terjadilah sesuatu yang tidak diinginkan, ketika harddisk eksternal tersebut dikoneksikan ke notebook, kemudian muncul notifikasi dari system supaya memformat salah satu partisi sebelum menggunakannya, kira-kira gambarnya seperti berikut ini.


Alamak macam mana pula kalau begini urusannya, rencananya saya mau pindahin koleksi MP3 saya ke notebook, yaa memang sih nggak ada data-data yang penting cuma ada koleksi file MP3 doang. Saya coba safely remove dan koneksikan lagi masalahnya masih sama. Wah kasus ini, kemudian muncul di pemikiran saya "wah ini mah musti direcover datanya, tapi bakalan makan waktu lama kalau pake software recovery karena tergantung besarnya kapasitas harddisknya". Lalu iseng-iseng googling di internet, dan ketemu tips dari blognya lughot langsung saja saya praktekkan.

Dalam kasus ini saya menggunakan sistem operasi Windows 7, jadi langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Buka program Command Prompt dengan cara, klik start menu yang berada pada pojok kiri bawah kemudian ketik "cmd" tanpa tanda petik pada textbox Search programs and  files, lalu klik cmd.exe
  • Setelah terbuka kita ketik perintah "chkdsk /r /f  m:" tanpa tanda petik, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. (m: = lokasi partisi yang ingin dicek, kebetulan dalam kasus saya drive M: yang ingin diperbaiki).
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
Nah berikut gambar yang sempat saya print screen, kalau kekecilan klik aja gambarnya.


Dalam kasus saya ada 5 partisi yang harus diperbaiki, bisa Anda lihat dalam gambar partisi L: & M: sudah berhasil diatasi ditandai dengan nama drive nya kembali seperti semula saya menamainya dan status kapasitas partisi tersebut sudah bisa terdeteksi. Setelah prosesnya selesai, Alhamdulillah semuanya bisa kembali seperti semula berkat perintah Check Disk (chkdsk).

Dan kalau ingin tahu apa saja perintah yang ada dalam Check Disk (chkdsk) ini bisa kita tambahkan "/?" tanpa tanda petik, lebih jelasnya seperti pada gambar berikut.


Nah sampai disini saya pikir sudah jelas, semoga temen-temen yang mengalami kasus seperti saya tadi bisa teratasi dengan perintah Check Disk. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada bang Lughot dalam menangani kasus Harddisk eksternal yang minta format. Jadi lain kali musti hati-hati kalau mau safely remove harddisk eksternal/flashdisk jangan asal cabut aja bisa-bisa kena kasus seperti tadi, Alhamdulillah ini masih bisa diatasi nah kalau tidak ??

Update, salah satu solusi lainnya untuk mengembalikan data hilang/terhapus/terformat yang bisa dicoba adalah recovery data menggunakan software MiniTool Power Data Recovery. Banyak pengalaman saudara/i yang pernah berhasil mengembalikan data-data mereka menggunakan software ini.


Sumber:
http://lughot.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-hardisk-eksternal-yang.html


Rgds.
Bahrudin Febriawan

79 comments:

  1. kenapa di segment nya is unreadable ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada bad sector pada hdd-nya, sepengetahuan saya perintah chkdsk tidak bisa mengcover/merepair data yang terkena bad sector. Lebih baik Anda backup partisi terlebih dahulu dan coba gunakan software repair bad sector.

      Delete
    2. bahrudin : datanya hilang nggak gan? kalo pake cara itu?

      Delete
  2. akhirnya hdd external saya selamat tanpa harus format ulang... Saya pake windows 7 sukses. thanks bang brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Senang rasanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

      Delete
    2. Gan kenapa saya chkdsk di cmd kok error di stage 2
      mohon pencerahan

      Delete
    3. gan,.. pas stage 3 of 5 kok stuck lama ya?

      Delete
  3. sebelum coba software repair/recovery partisi yang berat dan ukuran yang besar, lebih baik coba dulu perintah dos ini.

    chkdsk /f /r d:
    bekerja sempurna untukku.. wkwkkwkw
    thanks om.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...Syukurlah kalau masih bisa terselamatkan :)

      iya om, software repair/recovery prosesnya bisa memakan waktu yang lama tergantung kapasitas dari harddisk tersebut.

      Delete
    2. Gan ..
      saya udah coba praktek kan seperti diatas
      klik run-CMD -CHKDSK F pas di klik enter ,CMD nya ilang
      gimana tu ya gan ???
      data2 penting bgt di situ ...

      mohon solusinya gann ..

      Delete
    3. Maaf baru bisa balas.
      Itu kurang simbol slash. Coba seperti berikut, (D:) bs diganti sesuai partisi harddisk Anda.
      Chkdsk /f /r D:

      Dibuka dulu program command prompt nya, jangan ketik langsung via dialog Run.

      Untuk jaga-jaga lebih baik Recovery dulu pakai software Recover My Files/Get Data Back/Mini Tool Power Data Recovery.

      Delete
  4. Alhamdulillah...thanks a lot gan...
    Sempet mendadak lemes kemaren gara2 hardisk external minta format...sambil berharap-harap cemas nunggu prosesnya tapi akhirnya bisa tersenyum lagi gua sekarang...haha
    Sekali lagi thank you gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Keep smile ala Caesar dong sambil goyang :ngakak

      Delete
  5. mas saya juga terkena kasus seperti ini.tetapi setelah saya coba chkdsk /r /f i:
    the type of the file system is NTFS
    unable to determine volume version and state. CHKDSK aborted
    itu gmn ya mas?
    trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. File system pada partisinya apa ya? Apa sudah berubah menjadi RAW?

      Sebenarnya saya sendiri juga belum pernah menemui kasus seperti itu. Setelah saya cari beberapa referensi ada solusi yang bisa Anda coba seperti berikut ini, tapi sebelumnya saya sarankan Anda terlebih dahulu untuk melakukan recovery data (yg biasa saya gunakan adalah Recover My Files & MiniTool PowerDataRecovery).

      Solusi 1
      -coba lakukan repair Master Boot Record Windows, masuk ke recovery console Windows kemudian lakukan perintah
      bootrec /fix mbr

      kemudian tekan (Y) untuk confirm lalu exit pada command prompt.

      Solusi 2
      -coba lakukan extend pada partisi Anda, perintah ini bisa dilakukan melalui Disk Management.

      Solusi 3
      -Jika dari awal sudah dilakukan recover data dan data sudah berhasil diselamatkan, terakhir saran saya sebaiknya format ulang saja partisinya.

      Semoga membantu dan berhasil.

      Delete
    2. sama nih, udah berkali2 checkdisk tetap aja ga bisa, masih minta format terus

      Delete
  6. kalo dipraktekkan tata caranya diatas, ntar datanya hilang ga? soalnya ni datanya penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catatan bukan tata cara seperti pada balasan diatas ya.

      Jika yang dilakukan adalah perintah CHKDSK seperti pada artikel diatas insya Allah tidak akan hilang datanya.

      Jika Anda belum yakin, saya sarankan lakukan Recovery Data terlebih dahulu (bisa menggunakan software Recover My Files atau Power Data Recovery).

      Delete
  7. ntar kalo dipraktekkan diatas kalo sudah beres datanya hilang g? soalnya yang aku kasusnya sama plus ni data penting banget buat aku.kalo hilang harus buat dari nol lagi.hik...hik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catatan bukan tata cara seperti pada balasan diatas ya.

      Yang penting sesuai petunjuk pada artikel diatas insya Allah tidak akan hilang datanya.

      Saya sarankan lakukan Recovery Data terlebih dahulu (bisa menggunakan software Recover My Files atau Power Data Recovery).

      Delete
  8. lama banget yah prosesnya.. apa harus nunggu 5-5?? nic baru 3-5 zz coz banyak banget isi hardisk ex ku, hohoho <<-- lagi pratek seperti contoh diatas. :P

    bos, nic klo prosesnya dah selesai.. ada pemberitahuannya ga bos? atau langsung ajah klik particinya buat buka hrdsknya dan lihat,, masih minta diformat atau sudah normal.??

    maklum ane rada AWAM soal yg beginian bos hohoho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama proses tergantung dari besarnya kapasitas dari harddisk.
      jika memang berhasil keadaannya pasti kembali normal..

      semoga berhasil..

      Delete
  9. bos..klo prosesnya dah selesai seperti contoh di gambar yg boss posting diatas,, itu ada pemberitahuannya ga bos??
    soalnya ane lagi praktek gitu juga nic,, nic prosesnya baru 3-5, harus nunggu sampai 5-5.. lama banget,, coz isi HD ex ku puluhan gigiga .. hohoho :P

    ReplyDelete
  10. bro klw gw,lg di proses tiba2 kok diem di bagian ke 3 terus,hardisknya bunyi dan akhirnya malah diem disitu terus itu kenapa,bisa nggak hardisk filenya di selametin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah bunyi begitu biasanya itu harddisk sudah bad sector bro..
      kalau untuk recover file nya bisa dicoba menggunakan software Recover My Files, Power Data Recovery, Get Data Back.
      Tapi jangan diformat dulu ya bro, soalnya nanti bakalan susah direcover datanya.
      Semoga cepet selesai masalahnya.

      Delete
  11. Tengkyu tengkyu gan,... emang postingan ini bener2 membantu,...
    HD ane yang 1TB balik lagi seperti semula,... :D
    gak minta "Format Disk" lagi,..
    datax juga gak kurang 1 pun yg ilang,.. tq :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Sama2 gan, saya juga bersyukur artikel ini bs bermanfaat..

      Delete
  12. Kira" kalo isinya 200Gb+ makan waktu berapa lama ngescannya ?
    Ini saja hampir mau 3 jam sama sekarang .
    testuck di dibagian 2 terus .
    Ini HDD'nya masih belum saya utak atik setelah ikuti cara yang disini, takut kenapa" dan akhirnya hilang.

    Saya punya gambarnya prosesnya, jika masih seperti ini terus dan engga mau gerak .
    via fb atau email saya kirim .

    Saya tau byk cerewetnya, tapi saya takut banget data" yang sudah saya perjuangankan 200Gb+ hilang begitu saja.
    Terima kasih banyak sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri belum bisa perkiraan berapa lama prosesnya berjalan, karena semua tergantung dari berbagai hal diantaranya isi, status rusak/tidak dll.

      Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, saya sarankan Anda melakukan proses recovery/backup data terlebih dahulu. Bisa menggunakan software Power Data Recovery atau Recover My Files.

      Boleh silakan saja kirim via email, sebisa mungkin saya coba bantu.

      Iya mas, saya juga paham kalau masalah isi harddisk memang sangat sensitif kalau hilang (berdasarkan pengalaman pribadi).

      Semoga masalahnya terselesaikan.

      Delete
    2. Um, emailnya apa mas?
      Saya belum tau.

      Delete
    3. bisa email ke -> bahrudin.febriawan@gmail.com

      Delete
    4. Mas, masih ga berhasil.
      Tapi saya punya cara lain, pake "Stellar Phoenix Windows Data Recovery" (Cara ini harus ada 2 HDD)

      Pertama di scan dulu datanya, trus nanti dipindahin ke HDD lain yang bisa nampung, semacam diback-up dulu .
      Proses ngeback-up'nya lama tergantung besar filenya .
      Saya makan hampir 1 harian dengan size 178Gb.
      Setelah selesai diback-up, saya tes filenya dan masih work.
      Lalu HDD saya sendiri saya Format, trus bisa deh saya akses lagi HDD'nya .

      Semoga cara ini bisa membantu yang lain jika mengalami hal yang seperti saya :)
      Terima kasih juga kepada mas Bahrudin yang sudah memberi solusi kepada saya kemaren ^^

      Delete
    5. Wah syukurlah kalau begitu, berarti sudah aman masalahnya :)

      Iya sebenarnya masalahnya adalah bagaimana kita recover data dari harddisk yang bermasalah tersebut. Nah dari sini kita tinggal coba software yang mana yang cocok dalam merecover/backup data dari harddisk tersebut.

      Oke sama-sama Mas Rey, terima kasih sudah share pengalamannya disini, semoga bisa membantu yang saudara-saudara kita yang mengalami problem serupa diatas.

      Delete
  13. permisi mas, kok proses hardisk saya cuma berenti di stage 4 yaa. itu kira kira knapa ya mas?makasi

    ReplyDelete
  14. permisi mas, saya mau nanya. proses hardisk saya kok cuma sampe stage 4 ya, tidak mau proses lagi. kira-kia itu knapa ya mas?
    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stage 4 dalam chkdsk adalah proses pengecekan isi dari harddisk, sedangkan Stage 5 adalah proses pegecekan sisa space dari harddisk.
      Asumsi saya yang Anda check adalah harddisk eksternal, stuck ketika di stage 4.

      Kemungkinan harddisk Anda mengalami bad sector sehingga prosesnya stuck, mungkin dikarenakan mengulang pembacaan datanya (yang saya ketahui adalah proses pembacaan tersebut akan mengulang sampai berhasil).

      Delete
  15. Untuk stage ke 4 mmg butuh proses yang lama ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung berapa banyak dan ukuran data yang ada dlm harddisknya.
      Bagaimana hasilnya?
      Semoga masih bisa terselamatkan datanya ya Mba...

      Delete
  16. terima kasih banyak mas Bahrudin...
    sangat membantu..semua file tetap utuh..
    thanks bangeeet maass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... Alhamdulillah kalau filenya masih utuh semua :)

      Delete
  17. Kalo hdd pas disambungin ke notebook yang nongol bukan format tapi check disk, pas udah saya check disk, selalu stuck di 2569 index entries processed. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas.

      Biasanya terjadi karena proses shutdown atau remove harddisknya dilakukan secara tidak normal.

      Untuk menghentikan proses autocheckdisk, terlebih dahulu Anda bisa check jadwal checkdisk melalui registry, berikut langkah-langkahnya:

      -> Buka Run Dialog [Windows+R], kemudian ketik "regedit" tanpa tanda petik.
      -> Masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager,
      -> Klik dua kali pada BootExecute, jika terdapat tambahan perintah setelah tanda bintang (autocheck autochk *), berarti itu adalah perintah untuk melakukan proses checkdisk sesuai dengan drive yang ada dalam perintah tersebut. Hapus saja jika ada perintah tambahan dibelakangnya kemudian klik OK. Restart komputer Anda.

      Jika proses checkdisk masih terjadi, kemungkinan harddisk Anda kotor, bisa dicheck dengan perintah seperti berikut:
      -> Buka Run Dialog [Windows+R], kemudian ketik "cmd" tanpa tanda petik.
      -> Ketik "fsutil dirty query G:" tanpa tanda petik, G: adalah lokasi harddisk Anda yang bermasalah. kemudian tekan Enter.
      -> Jika hasilnya "dirty" brarti harddisk Anda memang harus dilakukan proses checkdisk, langsung saja ketik "chkdsk G: /f /r" tanpa tanda petik, G: adalah lokasi harddisk Anda yang bermasalah. kemudian tekan Enter. tunggu sampai proses selesai.


      Jika proses checkdisk ini stuck sampai seharian tidak ada kemajuan sama sekali, kemungkinan harddisk Anda mengalami bad sector.
      Sebaiknya segera dilakukan backup/recovery data menggunakan software Recover My Files/Get Data Back/Mini Tool Power Data Recovery untuk mengcover data yang masih bisa diselamatkan.

      Semoga membantu.

      Delete
  18. kalau pas lagi checkdisk uda sampe stage 4 terus leptop mati , cara resume nya gimana ya?syg soalnya uda stage 4, nunggu lama ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas.
      Kalau begitu harus mengulang lagi dari awal.

      semoga masalahnya cepat selesai..

      Delete
  19. terima kasih, blog ini sangat membantu dan juga sangat menambah wawasan saya,

    ReplyDelete
  20. maaf gan boleh nanya ga, HDD eksternal ane 1 tera dan uda ke isi 300GB nah problemnya sama kaya agan, dan ane pake chkdsk juga sempet berhasil gan dan waktu itu ane cabut lagi mau di coba di baca di komputer lain, tapi masalahnya HDD ini balik lagi ga bisa di baca,,
    Ini ane uda nyoba lagi, tapi selalu berhenti di STAGE 3 dan ane ulangin sampe 3 kali...
    Agan bisa bantu ga?? Makasi banget ni gan bantuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alangkah baiknya ketika mengalami problem seperti itu, langsung dibackup data-data yang penting agar menghindari resiko terjadi problem yang sama.

      Kalau memang setelah ditinggal berjam-jam lamanya proses tersebut stuck sampai disitu, saran saya baiknya agan menyelamatkan data-data penting agan dengan cara recover data bisa menggunakan beberapa software seperti Recover My Files, MiniTool Power Data Recovery, GetDataBack.

      Sebagai catatan, lokasi penyimpanan recover data jangan diharddisk yang sama.

      Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

      Delete
  21. sebelumnya makasih atas tutorialnya kawan...cuma aku heran dengan hasilnya dari proses chkdsk semuanya sudah aku lakukan...cuma kok datanya jadi hilang ya??? mohon pencerahannya kawan...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas.. Mengenai hasil memang saya sendiri tidak bisa prediksi akan sesuai dengan harapan, karena masalah yang terjadi pada harddisk setiap orang berbeda-beda...
      Namun jika kronologis kerusakannya seperti pengalaman saya diatas, mungkin ada harapan mengenai hasilnya...

      Yang bisa saya sarankan adalah untuk melakukan backup/restore data menggunakan bantuan software seperti MyRecoverFiles/MiniTool Power Data Recovery atau GetDataBack dengan cara harddisk yang rusak tersebut dijadikan secondary/slave ketika akan melakukan recovery dan simpan hasil recovery di harddisk yang lain.
      Semoga membantu..

      Delete
  22. Gan ..
    1 tb isi <300gb nih, isnya banyak yang penting buat tugas stelah lebaran ..
    udah 19 jam pake cmd dan belom selese ... (stage 1-3 <3jam, stage 4 baru 10% 10 jam stelahnya)
    masalahnya ntar malem suruh udah berangkat pulang kampung, d mobil gak ada charge dan laptop non charge cuman bertahan 45min, boros banget (laptop game RAM 8gb core i7 dll)
    cara lain ada gak y ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik langsung direcovery saja data-data pentingnya, bisa menggunakan bantuan software MiniTool Power Data Recovery, MyRecoverFiles, atau GetDataBack.. Harddisk yang akan direcovery dijadikan secondary atau slave, simpan hasil recovery/backup ke harddisk yang lain.
      Semoga bisa membantu.

      Delete
  23. bang,, hardisk gue 1TB dan size nya kira2 tinggal 4gban,, masih bisa ga mke cara di atas,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa atau tidak tinggal dicoba saja, mengenai hasilnya bisa berbeda-beda.

      Delete
  24. Gan,, hardisk ane udah d cmd, trz berhasil, smw filenya msh utuh, tp pas abis d ejek ato matikan lepy, waktu d colokin minta format lg, trus gmn tuh? Masa tiap mau pake kudu cmd dlu, aplg hardisk ane 500gb. Mungkin ada solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya adalah ketika Anda sudah berhasil, langsung Anda selamatkan/backup data-data penting ke harddisk yang lain, kemudian harddisk yang bermasalah agar dilakukan low format.
      Dan hati-hati jika ingin menyimpan data-data penting pada harddisk yang bermasalah tadi, karena mungkin saja masalah tersebut akan terjadi lagi di kemudian hari.

      Delete
  25. kak, kalau habis di ketik chkdsk trus enter..
    nggak muncul tulisan..
    aku harus nunggu atau ngulang?
    atau memang prosesnya gitu?
    tolong jawabannya kak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perhatiin gambar diatas,, periksa perintah-perintahnya..
      setelah ketik chkdsk kemudian diikuti perintah /f /r lalu diikuti lokasi/partisi mana yang mau dieksekusi misalkan drive E, berarti begini perintahnya,
      chkdsk /r /f E:
      setelah itu enter, tunggu prosesnya sampai selesai.

      Delete
  26. permisi gan, punya ane kok lama nunggunya prosesnya untuk sampe 1000 aja butuh 2 jam. sedangkan datanya sampe 530.944.kalo ane hitung2 butuh waktu sampe 44 hari. emang selama itu yaa gan ? bisa meledak laptop ane kalo nyala 44 hari non stop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lamanya proses tergantung kerusakannya gan..

      Jika dirasa memang terlalu lama, saya pikir lebih baik dilakukan recovery / backup data saja...

      Delete
  27. gan hdd saya bunyi ctek ctek sesekali... dia juga minta format dan klo tulisan itu keluar saya cancel aja. trus saya pake minitool pwer data recovery yg versi full. lalu pada saat scan programnya not responding. lalu sy pake handy recovery jugasaat scaning juga berhenti pas pertengahan & not responding. gmn nih gan pliss solusinya....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya HDD nya kena bad sector di fisik nya..
      Saya juga pernah mengalami HDD yang bunyi seperti itu dan memang mengalami bad sector, perlu penanganan khusus gan,,
      coba cari software untuk menangani bad sector aja gan atau cari teknisi yang khusus dibidangnya.

      Delete
  28. gan,kok trhenti cm sampai stage 4 ? apa yg hrus di lakukan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di stage 4 itu proses pengecekan file data di hdd..
      Berhenti prosesnya ? Error atau nggak nambah progress nya? Coba biarkan aja dulu, klo ga selesai2 sampe pagi, kemungkinan ada yg rusak di sector tertentu dlm hdd nya..

      Delete
  29. bang, kalau ada perintah format kaya di atas, trus kita klik format disk, tp malah muncul keterangan windows can't format G. itu gimna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ingin format harddisk tersebut, coba dengan cara berikut,
      -Klik start menu
      -Klik kanan pada My Computer
      -Klik Manage
      -Klik Device Management
      -Klik kanan pada partisi atau lokasi harddisk yang ingin diformat
      -Klik Format, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya

      Delete
  30. Mase, setelah proses memakan waktu 3-4 jam dan scanning di stage 4 berlangsung cepat. Tetapi mandek di stage 5 pas 22% dan file juga stagnan. Mohon pencerahannya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata yang bikin stuck adalah karena HDD tersebut mengalami bad sector, jika pada stage 5 kemungkinan sisa space nya yang kena.

      Saran saya lakukan recovery saja dengan software seperti MiniTool Power Data Recovery atau Recover My Files.

      Delete
  31. Mas atau om

    Ini saya udah ikutin sesuai yang ditulis dan hd saya 500gb tapo daritadi masih di stage 1 dan masih 2 of 31232 file records procssed. Kira kira berapa lama ya biar bisa bener lagi? Apa butuh waktu seharian buat recovernya?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja sampai selesai prosesnya. Tergantung dari kapasitas harddisk tersebut, bisa seharian atau bisa juga lebih.

      Mudah-mudahan cepet selesai.

      Delete
    2. Karena stage satunya aja 31rban jadi saya close. Abisnya lama banget karna hd saya 500gb. Kalo pake apps bisa ngga ya? Kalo bisa namanya apa ya?

      Makasih

      Delete
    3. Kalau begitu recovery saja,
      http://bahrudin-f.blogspot.com/2015/02/minitool-power-data-recovery.html

      download appsnya,
      https://docs.google.com/file/d/0B8BMg718xXjAdHhuNUhac0VocWs/edit?pli=1

      Delete
  32. mas mau tanya, klo setelah masukin cara2 tsb trs yg mncul spt ini
    the type of the file system is fat23
    an error occured while reading the file allocation table (fat 1)
    an error occured while reading the file allocation table (fat 2)
    there are no readable file allocation table (fat).

    itu gimana ya solusinya? Th

    ReplyDelete
  33. Mau nanya ni mas,
    Kalau harddisk keadaannya diwindows xp dapat dibuka folder nya tetapi sering not responding terus kalau keaadaannya diwindows 7 malah muncul format disk, sudah mengikuti langkahlangkah memakai cmd tetapi malah stuck di stage 2 102398 of 110848 padahal tinggal dikit lagi,
    solusi nya gimana mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kedengaran ada suara dari HDD nya ketika akses folder/file, itu bisa jd bad sector mas

      Delete
  34. Gan hardisk saya minta format saya coba dengan chkdsk /r /f d: munculnya "the first ntfs boot sector is unredable or corrupt. Reading second ntfs boot sector instead. Unable to determine volume version and state. Chkdsk aborted." Gmna nih gan, minta bantuanya soalnya banyak data penting.

    ReplyDelete
  35. Gan, punya saya kok pas dicoba malah muncul tulisan "The type of the file system is RAW.
    CHKDSK is not available for raw drives."
    Ini gimana gan?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete