Friday, May 10, 2013

Pengalaman membersihkan karang gigi

Sumber gambar : http://majalahdibalikwanita.blogspot.com/

Barusan saya pulang dari salah satu tempat praktek dokter gigi, ceritanya habis bersihin karang gigi. Hmm..jadi gini berawal ketika waktu itu (2 hari yang lalu) saya sedang makan malam tiba-tiba lidah merasa ada yang aneh, dan ternyata memang ada lubang di sela-sela gigi depan bagian bawah seperti gigi yang pecah. Dalam hati saya berkata "wah jangan-jangan ini gigi udah rapuh, bahaya ini kalo memang harus dicabut. Waktu itu saya ngobrol sama temen soal gigi yang lubang, dia bilang "pernah baca, ketika ada gigi yang dicabut maka daya ingat orang tersebut bisa saja berkurang". Entah dia baca dari sumber mana, yang jelas saya kepikiran juga dan gara-gara ada yang berlubang lidah saya jadi nggak nyaman. Memang karena nggak terbiasa lidah saya jadi sering menempel di sela-sela lubang gigi. Dan pada waktu itu saya cari waktu pergi ke dokter gigi.

Nggak tau ya mungkin ini sudah menjadi kebiasaan, saya selalu mencari tahu terlebih dahulu informasi apa saja yang berhubungan dengan tempat yang ingin saya tuju. Kebetulan ini tentang dokter gigi, jadi saya coba cari rumah sakit mana saja yang sudah ada dokter spesialis gigi, kemudian jadwal praktek dsb di internet. Sebelumnya saya coba berbagi pengertian dari karang gigi itu sendiri. Berikut pengertian yang saya kutip dari Blog PPGI-Purworejo "Karang gigi atau Calculus adalah kumpulan plak termineralisasi yang menempel pada permukaan gigi." Lebih jelasnya bisa dicek di blog PPGI-Purworejo.

Waktu sudah menunjukan jam 6 sore, langsung saya bergegas mandi kemudian dilanjut sholat maghrib dan makan malam, soalnya jam praktek dokter gigi dari jam 19.00-22.00, jadi saya harus ngejer waktu biar dapet antrian lebih awal. Akhirnya saya dapat urutan nomor 5, waktu itu memang masih belum terlalu rame pasien yang datang. Sambil menunggu antrian saya keluar untuk cari minum. Setelah balik lagi ke tempat praktek, asisten dokter sudah mulai memanggil antrian ternyata pasien dari nomor 1 sampai 3 belum hadir jadi langsung ke nomor 4, dan sepertinya nasib saya lagi mujur pasien nomor 4 sebenarnya hadir tapi dia kebingungan nyari suaminya buat dititipin anaknya yang nggak mau pisah dari ibunya, jadi akhirnya saya yang langsung diperiksa mantaap.

Langsung dipersilakan berbaring ditempat operasi gigi, ditanyain kenapa sama dokternya, saya bilang ini dok ada gigi saya yang berlubang, setelah dicek ternyata bukan giginya yang berlubang, tetapi ada karang gigi yang lepas Alhamdulillah. "Nah sebenarnya gini kalau gigi yang sehat, jadi di sela-sela gigi nggak ada yang tertutup oleh karang gigi" kata dokter, lalu saya bilang juga oh iya dok saya juga pengen bersihin karang gigi, oh ya harus itu sekarang mau dibersihin kata dokter menimpali. Kemudian saya diperlihatkan gigi yang berlubang yang nampak di layar monitor, setelah itu langsung disuruh buka mulut kemudian dokter mulai membersihkan karang gigi dengan alat yang namanya scaler. Jadi scaler ini merupakan alat khusus untuk membersihkan karang gigi, jadi karang gigi nggak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi.

Beeh..rasanya kaya lagi dibor, bunyinya ini loh bikin ngilu, tapi saya nggak ngerasa sakit dan nyeri, cuman memang kenceng banget suaranya. Klo pengen tau kaya gimana alat yang namanya scaler ini dan gimana proses pembersihan karang gigi, coba lihat video berikut.


Nah gimana menurut kalian? Yaa saya rasa sudah bisa ngerasain kaya gimana, tapi tenang aja pokoknya jangan takut, nggak bakalan bikin sakit dan ngilu kaya cabut gigi. Waktu itu dokter cuman bersihin 4 gigi bagian bawah istilahnya central incisor, istilah tersebut saya dapat dari sini. Berikut saya tampilin juga gambarnya.

Karena saya baru pertama kali bersihin karang gigi, jadi nggak langsung semua gigi dibersihin, biar terbiasa dahulu baru setelah 3 hari atau 1 minggu boleh balik lagi untuk bersihin karang gigi yang lainnya. Nah mungkin seperti itulah pengalaman pertama saya membersihkan karang gigi.


Rgds.

21 comments:

  1. Replies
    1. Saya agak lupa biayanya waktu itu, kalau nggak salah masih dibawah 200rb.
      Kalau masalah biaya saya pikir tiap dokter berbeda2.

      Delete
  2. Bersihin karang gigi di mana itu mas? Di RSUD PURWOREJO?

    ReplyDelete
  3. FKG UNISSULA presents international congress and exhibition FORSILA II “Indonesian Dentistry Embracing AEC 2015: What to prepare?” on 30-31 May 2015 at Aston Hotel, with interesting topic:
    1.How to start implant surgery?
    2.Management TMD
    3.How to get a success of crown and bridge therapy?
    4.New Concept in Labial veneering
    5.Best time to start orthodontic treatment
    6.Ergonomy and low back pain in Dentistry
    7.Management of dentistry in spesial need children
    8.Oroantral Communication(Fistula):what should we do?
    9.How to manage : Cross infection in dentistry?
    10.Saliva diagnostic tool of Hepatitis
    11.Discoloration of oral soft tissue
    12.Talk Show : Medication for pregnancy related to dentistry
    13.Talk Show : Indonesian Dentistry Embracing AEC 2015: What to prepare?

    Hands On:
    1.Labial Veneering
    2.Implant
    3.Crown and Bridge
    4.Management of De pigmentation
    5.Management of Oro antral communication (Fistula)

    Registration before 15 Jan 2015 :
    Dentist: 600 IDR
    Student: 450 IDR
    Speaker : 500 IDR
    15 Jan – 29 May 2015
    Dentist: 700 IDR
    Student: 450 IDR
    Speaker : 500 IDR

    Call for paper until 30 March 2015 (proceeding ISBN)

    Also join short course in FKG UNISSULA on 29 May 2015
    1.Continuing One visit endodontic treatment on single root (from root canal treatment until provisoris)
    2.BLS plus Emergency on dentistry
    3.Mastering hypnodonsia in dental practice

    Contact us :
    Web: http://forsilakg2nd.unissula.ac.id
    E-mail: forsila2nd@gmail.com
    Drg Rahmawati (081325993165)
    Drg Arlina (087878800288)

    ReplyDelete
  4. Kalau mau membersihkan karang gigi harus di rumah sakit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dokter praktek juga bs, rata-rata sudah ada peralatannya di tempat praktek

      Delete
  5. mas, masak terima aja cuma dibersihin bagian bawah?? harusnya kan total.. saya merasa kyk dibohongin wktu yang dibor cuma bagian seperti mas,.. padahal krg gigi saya numpuk di geraham..

    oya mas, kalo misal kita tawar2an sm dokternya bisa ga? misalnya, dok biaya berapa, oh sekian, saya bayar dobel tapi agak tuntas ya dok??,, kira2 mau ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya baru nyadar, pantas aja biayanya nggak besar.
      waktu beberapa minggu yang lalu saya lakukan membersihkan karang gigi full atas bawah, sungguh sangat menguras dompet juga biayanya, sampe kaget. Hmmmm

      diawal bisa aja, mau yg mana yg dibersihkan terlebih dahulu jadi nanti biaya tergantung bagian mana yg dibersihkan.

      Delete
  6. Loh kok sama kemaren saya makan krupuk ada sesuatu yg cuil (bahasa jawa) hari ini ke dokter gigi katanya bukan gigi keropos tp ada karang gigi yg lepas lega deh rasanya

    ReplyDelete
  7. apa rasanya beneran engga sakit ? lebih sakit mana sama cabut gigi ?

    ReplyDelete
  8. apa rasanya engga sakit ? lebih sakit mana bersihin karang gigi sama cabut gigi ?

    ReplyDelete
  9. apa rasanya beneran engga sakit ? lebih sakit mana sama cabut gigi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masalah sakit ya sepertinya cabut gigi lebih berasa sakitnya..

      Kalau bersihin karang gigi serasa diobok-obok aja seputaran giginya..

      Delete
    2. Ya saya jg kemarin habis bersihin karang gigi.. Kemarin nambal gigi yg bolong 150 dan sekalian bershini karang giginya 180 rb jd total2 344rb.. Enak rasanya abis bersihin...keset2 gmn gitu.. Selama ini blm pernah yg nm nya scaling.. Ternyata bagus jg krn membersihkan karang melekat pda gigi.. Saya kira itu gigi.. Ternyata karang yg udh menguning... Berdarah2 sih pas bersihin nya..

      Delete
  10. saya beberapa bulan lalu scaling di klinik swasta dan membayar 175ribu atas bawah.

    ReplyDelete