Thursday, February 6, 2014

Tutorial Flashing Axioo PicoPad 10 3G

Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Lama sudah rasanya nggak update blog ini, tapi kali ini langsung saja daripada ntar hilang lagi keinginan pengen nulis disini. Hehehe...

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam menginstall ulang atau flashing gadget dari produk Axioo yaitu Axioo PicoPad 10 3G dengan menggunakan program LiveSuit Pack version 1.09.

Ceritanya beberapa minggu yang lalu salah satu rekan kantor saya menanyakan apakah ada yang bisa memperbaiki gadget Axioo Picopad 10 3G milik istrinya yang mengalami gagal booting ke dalam sistem operasinya. Menurutnya dari pada diservice kelamaan sampe nunggu berbulan-bulan lebih baik di flash sendiri saja kalau bisa. Sumber masalahnya sih saya juga kurang paham ya, menurut cerita rekan saya karena habis dipakai main games sama istrinya. Malam itu saya coba telusuri bagaimana caranya agar gadget itu bisa hidup dengan normal lagi, ternyata memang ada beberapa yang share juga, dan saya coba berhasil maka dari itu saya juga ingin berbagi di blog saya ini hehehe...

Oke langsung saja, berikut ini ada beberapa yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan flashing gadget Axioo PicoPad 10 3G.

Dalam hal ini saya sepenuhnya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada gadget Anda akibat mengikuti petunjuk dibawah ini!
Yang saya praktekkan dibawah ini dapat mengakibatkan garansi tidak berlaku lagi, karena langkah ini tidak resmi!
Perhatikan gadget & ROM yang akan digunakan sebelum Anda melakukan flashing, apabila gadget dan ROM yang digunakan tidak cocok dapat mengakibatkan Hardbrick (mati total/tidak bisa charge battery/no respon/pada gadget Anda).

  • A10_LiveSuitPack_version_1.09_20111101 [Download] - (Program untuk flashing)
  • F918-WCDMA-20130423.1.1.11-a106-dou0308 [Download via Baidu] atau [Download via 4shared]- (Firmware / ROM) catatan ini bukan ROM resmi dari Axioo, tapi setelah kita flash tampilan booting Axioo nya hilang diganti dengan bawaan ROM tersebut, dan kameranya juga tidak berfungsi normal nanti dibawah saya coba jelaskan juga cara menanganinya.
  • File backup (Download) - digunakan untuk menangani kamera yang tidak berfungsi.
Sebelum kita flash pastikan tidak ada device yang terpasang di port usb komputer Anda.  Dan jika ada data-data yang penting mohon untuk dilakukan backup terlebih dahulu untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan.
Oke berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Install Livesuit dan drivernya, klik kanan Run Administrator pada LiveSuitPack_version_1.09_20111101.exe Jika muncul notifikasi lanjutkan dengan memilih Continue Anyway (Windows XP) / Install this driver software anyway (Windows 7).
  2. Buka program Livesuit, klik kanan Run Administrator pada Livesuit.exe, kemudian muncul LiveSuite User Wizard, agar lebih mudah pilih saja tombol Yes.
  3. Pastikan PicoPad Anda dalam posisi mati. Kemudian pilih saja Mandatory, lalu pilih tombol Next.
  4. Berikutnya persiapkan file image/ROM untuk flashing Axioo PicoPad 10 3G.
  5. Jika sampai pada gambar berikut dibawah, JANGAN klik tombol FINISH, biarkan saja! Anda bisa ikuti petunjuk yang tampil sampai proses instalasi driver muncul.
  6. Apabila notifikasi untuk install driver masih belum tampil, sebelum sambungkan Picopad ke komputer terlebih dahulu tekan dan tahan tombol volume (+) dan (-) secara bersamaan kemudian sambungkan ke komputer. Jika sukses akan tampil seperti gambar berikut ini, kemudian klik tombol Yes (Format). Jika instalasi driver berhasil proses flashing otomatis akan berjalan.
  7. Sampai pada tahap kita tunggu proses flashing sampai berhasil, jangan Anda lepas PicoPad sebelum prosesnya selesai dan berhasil.
  8. Selamat! Axioo PicoPad 10 3G Anda sekarang sudah bisa bernafas lagi :D
Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi kamera yang tidak berfungsi,
  • Copy folder nanda yang sudah Anda download tadi ke dalam Axioo PicoPad
  • Install aplikasi Terminal Emulator dan ES Explorer di Axioo PicoPad
  • Buka aplikasi Terminal Emulator, ketik perintah berikut
  • su [enter keyboard]     
    mkdir /nanda [enter keyboard]     
    mount -t vfat /dev/block/nanda /nanda [enter keyboard]    
    kemudian tutup aplikasi terminal emulatornya.
  • Buka aplikasi ES Explorer, Copy file script.bin dan script0.bin (dari folder nanda yang telah kita download), kemudian masuk ke dalam root (/) --> Root Directory
  • Kemudian masuk ke dalam folder nanda, Paste dan Replace ke dalam folder nanda tersebut.
  • Setelah itu restart Axioo PicoPad Anda. 
  • Selamat! Kamera Anda sekarang sudah bisa digunakan dengan normal. :D
Akhir kata selamat mencoba, semoga berhasil :)


Sumber:
http://azjie.heck.in/
[Official Lounge] Axioo PicoPad 10 GJT 3G


Rgds.
Bahrudin Febriawan

73 comments:

  1. ko balik lagi pas instal F918-WCDMA-20130423.1.1.11-a106-dou0308.img
    terus ada tulisan Upgrade fails : 0x163 ÉÕдʧ°Ü3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri kurang paham masalah error tersebut, tapi berdasarkan yang saya baca dari forum-forum, itu dikarenakan ROM yang digunakan tidak cocok untuk gadgetnya.

      Delete
  2. mas mohon bantuannya,, android axio picopad 7 3g saya hank stelah dformat dengan liveSuit, trus saya udh flash kembali sesuai dengan cara agan postingan di atas n udah ampe ada bacaan finis, tp koq androidnya ttap gk mau mnampilkan menu gan,, hanya hidup layar z kayak blank gt gan,, mhon bantuannya dunk gan,, ane awam banget msalah ini gan,, makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutorial ini hanya untuk Axioo Picopad 10 3G bukan Picopad 7.
      Cari tutorial yang sesuai dengan gadget Anda.

      Delete
  3. apakah memprbaiki kamera di picopad 10 sama dengan di picopad 7,dari yang saya baca di goole kayaknya tutornya sama. sama2 membuat directory nanda....
    apakah saya bisa copy paste builtin denmenggunakan android commander aja gan lewat pc? soalnya kemaren ngikuti tutornya internal tidak bisa di tulis .... terpaksa di flash lagi baru ok.... apakah agan tau kalau menggunakan android comander copy kemana filenya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum bisa menjawab mengenai memperbaiki kamera tersebut, karena pengalaman saya hanya mencoba pada picopad 10.

      Mengenai copy-paste menggunakan android commander saya rasa pada dasarnya bisa dilakukan, sama seperti ES Explorer filenya (script.bin & script0.bin) ditempatkan dalam direktori [/nanda/] kemudian replace saja.
      Direktori nanda tersebut adalah hasil perintah yang dilakukan menggunakan terminal emulator.

      Delete
  4. assalamualaiku....
    mohon pencerahan bang, kok di terminal emulator perintah
    mkdir/nanda stlh di enter kluar "The selected command does not exist "
    tolong solusinya
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumusalam Wr. Wb.

      Sepertinya kurang spasi pada perintah tersebut, coba perhatikan perintahnya lagi, seperti ini :
      mkdir [spasi] /nanda

      Delete
  5. apakah anda pernah bermasalah dengan jaringan internet? soalnya punya saya telpon dan sms bisa... tpi untuk internetan tidak bisa sama sekali (kecuali menggunakan wifi).. apakah anda punya solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM Card nya sudah dicoba di gadget yg lain? apakah bisa tersambung atau tidak?
      Jika tersambung, kemudian pilihan paket data di Picopad posisi sudah enable tapi masih ngga tersambung internet, untuk masalah ini saya belum pernah ngalamin.

      Delete
  6. masalah saya sma dengan mas angga,bisa tlpon n sms tp untuk internet nga bisamas,trus sinyalnya sllu hilang2 mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pribadi belum pernah ngalamin, baiknya kalau masih garansi dibawa saja ke Axioo Centre nya untuk di cek.

      Atau bisa dicoba factory reset. Semoga membantu.

      Delete
    2. Sama kaya saya masalahnya hanya pada simcard yg dipasang biasanya tidak cocok coba ganti dengan simcard lain :D

      Delete
  7. gan, ane udah ngikutin cara diatas pas dibagian kamera, tapi punya ane kok
    kameranya tetep ndak mau jalan ya ??
    mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada terminal emulator:

      ketik: su [Enter keyboard]

      ketik: mkdir [spasi] /nanda [Enter keyboard]

      ketik: mount -t [spasi] vfat [spasi] /dev/block/nanda [spasi] /nanda [Enter keyboard]

      kemudian tutup terminal emulator.
      dan copy file script.bin dan script0.bin dari folder nanda hasil download tadi, kemudian paste dan replace kedalam folder atau direktori [/nanda/], setelah itu restart gadget Anda.

      Delete
  8. gan, kok download file yg ke2 gk bisa tuntas? setiap 51% selalu minta username dan password baidupcs.com
    tolong bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download lewat sini aja gan http://goo.gl/xPMCES

      Delete
  9. Gan klo ane picopad gje 3 10 inch ada nemu firmwarenya gk? Prosesor nya mediatek

    ReplyDelete
  10. Maaf mas..mohon informasiny..mau fix kamera nih..error saat ingin paste difolder nanda,selalu mncul space memory penuh..sisa space 0kb nih..tablet habis flash..mohon informasinya ya..tarima kasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba diulangi langkah-langkahnya?
      Saya belum pernah ngalami error seperti ini.

      Delete
  11. Saat paste difolder nanda muncul error space memory 0kb nih....mohon informasinya nih..terima kasih

    ReplyDelete
  12. klo ane suaranya tidak mau keluar gan. punya solusinya

    ReplyDelete
  13. klo punya ane gk keluar suaranya gan. punya solusinya gk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah alamin kasus seperti itu.
      Sudah pernah dicoba flash ulang?

      Delete
  14. Cara download firmwarenya gmn yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik tanda panah yg arahnya kebawah (310.2M), posisinya ada diatas.
      Nanti muncul pilihan, klik pilihan yang sebelah kanan.

      Delete
  15. Alhamdulillah,
    Picopad saya kameranya udah bisa lg mas, terima kasih banyak, semoga rejekinya lancar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah .. senang bisa membantu,
      Aamiiin ya Allah... super sekali doanya... makasih banyak ya :D

      Delete
  16. maaf nih mas sebelumnya.. saya udah melakukan yang seperti intruksi tapi kok malah kyk gini ya??? pernah ngalamin ga?? saya ulang tetep aja gitu.. proses flashing udah sampe 55% tiba2 jadi seperti pada gambar ini http://s2.postimg.org/lmmgkpiu1/aaaa.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang perlu diperhatikan sebelum flash adalah :
      -Charge battery terlebih dahulu sampai full 100%
      -Delete folder firmware atau LiveSuit nya
      -Kemudian ekstrak kembali livesuit nya dan pastikan tidak ada error saat proses ekstrak
      -Tes firmware untuk mengetahui apakah ada error atau tidak dengan cara di ekstrak
      -Pastikan picopad dalam keadaan mati bukan dalam keadaan standby
      -Kemudian coba lakukan lagi proses flashing
      -Semoga membantu

      Delete
  17. makasih banyak sammm...,
    untuk komentar yang tentang ga bisa internetan tapi bisa dari wifi solusinya ya ikuti cara diatas atau di flash ulang, krn aku jga ngalamin hal yg sama, skrng udah normal lagi,
    makasih banyak sam...

    ReplyDelete
  18. kok punya saya abis flashing touch screen bagian tengah nya gak jalan yah

    ReplyDelete
  19. firemwarenya ga ngerti bahasa china

    ReplyDelete
    Replies
    1. download firmware alternative http://goo.gl/xPMCES

      Delete
  20. bahrudin untuk file img axio pipad 7 ggm dah ada blu... moho pencerahan... aq pakai file di atas signalgak mau keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ROM diatas hanya untuk Picopad 10 3G,, klo untuk versi lain saya kurang tahu, coba cari ROM yang sesuai atau coba flash ulang.

      Delete
  21. Berhasil, thank you buat petunjuknya, Master. :)

    ReplyDelete
  22. Trima kasih banyak boos, berkat blog anda saya bisa menyelesaikan kasus picopad 10 3g yang matot

    ReplyDelete
  23. Masbro, kalo flashing axioo picopad 8' 3G. ada nggak?
    kalo misal flashing 10 3G (di atas) bisa dipake untuk tablet yang 8'. trimakasih. sukses terus boss ^_^

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. gan minta bantuan ane kgk bisa download lewat paidu minta regis ?? helppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan coba via alternative link, sudah saya update alternative linknya diatas.

      Delete
  26. TRMAKASIH GAN TAB AXIOO SAYA SUDAH SADAR...TINGGAL KAMERA NYA AJA NIH BLOM DI COBA .SEMOGA TAMBAH BERKAH ILMUNYA

    ReplyDelete
  27. terimakasih gan tab axioo saya sudah sadar kembali...semoga tambah berkah ilmunya..

    ReplyDelete
  28. trmkash gan....sukses saran2 nya..tab sudah sadar

    ReplyDelete
  29. lama banget koneknya padahal udah di continu anyway or apa gt..
    apa batre tapnya emang bener" abis.. soalnya 4bln gak di cas semenjak matot

    ReplyDelete
  30. Mas? Klo punya ane ini masalahnya gimana? Ini tab nyala tpi cuman merek axionya keulang"

    ReplyDelete
  31. Mas? Klo punya ane ini masalahnya gimana? Ini tab nyala tpi cuman merek axionya keulang"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya gadget nya kena bootloop mas, di flash ulang saja.

      Delete
  32. A10_LiveSuitPack_version_1.09_
    20111101 mau tak download kok gak bisa mas ?? 4sharednya ad tulisan link tidak sah

    ReplyDelete
  33. A10_LiveSuitPack_version_1.09_
    20111101 mau tak download kok gak bisa mas ?? 4sharednya ad tulisan link tidak sah

    ReplyDelete
  34. gan kalo fix kameranyan itu hh keadaan root ato g ya?
    ane coba ngikutin cara ente koq tetep g muncul folder nanda di directorynya yang buat paste file scrpt.bin ma yang satunya?
    mohon solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama, dan layar kenapa jadi loncat loncat ya

      Delete
  35. makasih gan sdh bisa saa flash sudah normal kembali, tapi kamera tidak berfungsi, setelah saya coba seperti cara yang diatas, kamera bisa, tapi tampilan layar menjadi 7 inchi, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  36. halo gan ane udah nyoba cara di atas untuk memperbaiki camera ny cuma pas memasukan perintah mount-t vfat /dev/block/nanda /nanda

    ada notice seperti ini "mount-t not found"

    itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah.. berhasil dengan sukses mas. terima kasih, semoga tambah berkah dan jaya

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum...mas tolong bagi donk link room nya axioo picopad 9(GIE)..soalnya saya punya tggal logo axionya mohon bantuan ya mas..mksih

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum....mas bagi donk link room utk AXIOO PICOPAD 9 (GIE)..MOHON BANTUANYA MASS

    ReplyDelete
  40. Gan koq mount-t vfat /dev/block/nanda /nanda
    keluarnya mount -t : not found
    kenapa yah apa yang salah kalau berkenan jawab ke sondang1500@gmail.com

    ReplyDelete
  41. izin bantu gan bahruddin,
    yg pas proses ngalamin Upgrade fails : 0x163 ÉÕдʧ°Ü3
    bisa pake firmware ini http://www.4shared.com/rar/Mcat8l6Wce/picopad_10.html?cau2=403tNull&ua=LINUX
    sebelumnya mkasih dan sukses buat agan bahruddin

    ReplyDelete
  42. Fix Camera Axioo picopad 10 3G, saya berhasil dengan cara ini :

    Pada terminal emulator,

    ketik: su (enter)

    ketik: mkdir(spasi)/nanda (enter)

    ketik: mount(spasi)-t(spasi)vfat(spasi)/dev/block/nanda(spasi)/nanda(enter)

    1.kemudian tutup terminal emulator

    2.copy script.bin & script0.bin dari hasil download

    3.kemudian cari folder /nanda (sy pakai ES File Explorer versi 4.1.6.6.1)

    a. pilih menu pada pojok kiri atas sebelah kiri home
    b. pilih local
    c. pilih device
    d. kemudian disebelah kanan cari folder /nanda
    e. lalu paste & replace script.bin & script0.bin tadi ke folder /nanda
    f. restart

    Akhirnya camera Axioo picopad 10 3G saya berfungsi normal

    Terima kasih agan Bahrudin udh ngasih tutorialnya

    Semoga sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak gan atas panduannya,, semoga yang lain bisa mengikuti dan kamera dapat kembali berfungsi.

      Aamiiiiin

      Delete