Friday, January 16, 2015

Mengurus Pajak STNK & Balik Nama BPKB di Kota Balikpapan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Cerita dulu deh hehehe...
Rasanya sudah lebih dari satu tahun saya tinggal di Balikpapan, dan teringat kalau pajak motor ini musti segera diperpanjang daripada telat. Sebelum berangkat ke Samsat Balikpapan, saya coba ke tempat orang yang jual motor ke saya waktu itu, sampai di tempat malah orangnya sudah tidak tinggal lagi dirumah itu, kasus ini namanya. Syukur Alhamdulillah masih ada fotocopy KTP pemilik lama yang terselip di BPKB. Ya sudah sekalian saja diproses balik nama BPKB dan STNK padahal rencananya saya ingin pinjam KTP buat perpanjang doang.

Jadi awalnya pertama datang di kantor bersama Samsat Balikpapan di jalan Sudirman No. 231 tepatnya di daerah Markoni sampingnya AUTO2000, saat itu step-step nya seperti berikut :
- Masuk ke kantor Samsat, kemudian langsung dibagian informasi (ada di meja pertama setelah buka pintu), dibagian ini dicek kelengkapan syarat-syarat sesuai dengan kebutuhan (perpanjang 1tahun, perpanjang 5 tahun, balik nama, dll), kemudian staff nya menginformasikan syarat apa saja yang musti dilengkapi dan syarat-syaratnya dirapihkan ke dalam map dan diarahkan langsung ke bagian cek fisik (karena saya ingin balik nama dan perpanjang pajak 5 tahun), dari sini tidak ada biaya (gratis)
- Setelah syarat-syarat sudah lengkap, serahkan berkas tersebut ke bagian cek fisik, kemudian tunggu panggilan selanjutnya untuk cek fisik nomor mesin dan nomor rangka kendaraan, nanti ada staff khusus untuk bagian cek fisik, dari sini tidak ada biaya (gratis)
- Selesai bagian cek fisik, kemudian mengisi formulir detail kendaraan dan hasil cek fisik, kemudian diserahkan kembali ke bagian cek fisik untuk diperiksa dan diberi stempel validasi, dari sini tidak ada biaya (gratis)
- Kemudian kembali ke bagian informasi untuk ambil nomor antrian dan tunggu panggilan dari loket 4 bagian BBN, setelah menyerahkan berkas kemudian diarahkan ke bagian pelayanan BPKB di sebelah gedung Samsat. Di kantor pelayanan BPKB, saya mengisi formulir permohonan BPKB dan membayar 80.000,- (untuk kendaraan roda dua), jika kendaraan roda empat 100.000,-. Nanti dari situ diberi tanda terima dan ditulis tanggal pengambilan BPKB yang baru, kurang lebih sekitar 1 bulan proses BPKB yang baru. Dari sini saya bayar 80.000,-.

- Setelah itu kembali lagi ke loket sebelumnya di gedung Samsat. 
Yang perlu diperhatikan di loket 4 dan pelayanan BPKB ini adalah, identitas baik nama, alamat dan detailnya harus periksa dengan baik agar nanti tidak ada kesalahan cetak, kalau bisa minta tolong ke pak polisi nya agar anda bisa melihat ke monitor apakah sudah sesuai atau tidak, karena saya ada kesalahan nama di STNK, untuk merubahnya nunggu setahun dan lima tahun kemudian, karena jika sudah terlanjur membayar ke kasir harus registrasi ulang. 

- Setelah menyerahkan fotocopy STNK lalu ke loket 5 bagian perpanjang STNK 5 tahun, cek isi berkasnya apakah ada kesalahan atau tidak sebelum membayar ke kasir. Disini tidak ada biaya (gratis).
- Kemudian membawa berkas dari loket 5 untuk diserahkan ke loket kasir, kemudian dari sini membayar jumlah tagihan pajak yang harus dibayar, cek kembali apakah ada yang salah dengan nama dan total yang dibayar, setelah itu tunggu panggilan untuk mendapat STNK baru. Di kasir saya membayar sejumlah 302.500,-.
- Akhirnya STNK saya jadi atas nama saya sendiri, tapi untuk plat nomor kendaraan belum bisa diproses karena bahan-bahan untuk plat nomor kendaraan sulit katanya, jadi diberi catatan dari Samsat yang dilampirkan dalam STNK bahwa plat nomor masih diproses. Disini tidak ada biaya (gratis).

Alhamdulillah selesai sudah prosesnya, waktu itu antriannya yang agak lama di bagian cek fisik kurang lebih 15menit, selebihnya nggak sampai 10 menit. Jadi prosesnya kurang lebih sekitar 2 jam. Berikut saya foto syarat-syaratnya waktu ada di loket 4.


Saran saya sebelum ke kantor samsat :
- Sudah sarapan dulu :D
- Cek kelengkapan syarat-syarat, seperti fotocopy STNK, BPKB, Kwitansi Pembelian, KTP Pemilik Lama dan KTP Pemilik Baru (jika ingin balik nama)
- Bawa ballpoint sendiri
- Datang lebih awal atau pagi-pagi

Ya mungkin seperti itu pengalaman saya perpanjang STNK 5 tahun dan balik nama BPKB di Samsat Kota Balikpapan. Saya apresiasi disini saya nggak lihat adanya Calo, syarat-syaratnya transparan dan mudah, semuanya dalam satu ruangan, kecuali cek fisik dan kantor bagian BPKB. 

Sekian, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

3 comments: